Menu Vegetarian Masakan Jepang

Sup Jamur dan Sushi Spesial

Memasuki usia lanjut, tidak semua makanan bisa dikonsumsi. Warga evergreen harus pintar memilah asupan yang tepat untuk kondisi kesehatan tubuh. Makanan menu vegetarian yang tidak mengandung bahan-bahan hewani bisa menjadi salah satu alternatif pilihan menu yang aman.

Makanan menu vegetarian identik dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan buah-buahan dan sayuran. Tak heran, banyak yang menganggap menu masakannya jadi kurang variatif. Rasanya juga kurang sedap. Namun, jangan putus asa. Resep yang disajikan kali ini bisa menjadi bukti bahwa masakan vegetarian juga bisa punya rasa yang menggoda.

Tema menu pekan ini adalah vegetarian ala Japanese food. Chef Takashi Murayama dari JW Marriott Hotel Surabaya membagi dua resep yang bisa dipraktikkan di rumah. Yaitu, sup tahu dan jamur serta sushi vegetarian. Dua menu tersebut menggunakan bahan-bahan yang mudah diperoleh di supermarket. Cara membuatnya pun tidak sulit.

Untuk menu hidangan pertama, bahan pokoknya adalah tiga jenis jamur (Shitake, Enoki, dan Shimeji) serta tahu. Semuanya dipotong-potong dan direbus. Pembuatan sup itu sama sekali tidak membutuhkan minyak goreng yang punya potensi mengandung kolesterol. “Jadi, menu ini aman untuk dikonsumsi para warga evergreen,” ujar chef Takashi. “Cocoknya dikonsumsi sebagai menu pembuka sebelum makanan utama,” tambahnya.

Pada menu kedua, bahan ikan mentah yang biasa digunakan untuk sushi bisa digantikan dengan nasi putih dan tahu. Menurut pria asli Jepang tersebut, hasilnya memang akan berbeda dari segi rasa. Tapi, rasa gurih, asam, dan manis tetap bisa dimunculkan. “Mungkin, tidak ada rasa ikannya. Tapi, rasa sushi yang sesungguhnya masih bisa terasa,” tuturnya. “Sushi spesial satu ini cocok menjadi makanan ringan,” tuturnya.

Untuk memudahkan warga evergreen memasak di rumah, chef Takashi sengaja memilih bahan-bahan yang mudah didapat di supermarket. Di samping itu, dia memilih bahan-bahan yang benar-benar aman dikonsumsi oleh para manula. “Saya tidak ingin mengambil risiko dengan menggunakan bahan-bahan hewani yang mungkin tidak bisa dikonsumsi oleh semua manula,” jelasnya. (ken/ayi)

———–

Sushi Vegetarian

Bahan-bahan :

Setengah lembar rumput laut kering (nori)

1 buah mentimun

Seperempat kg nasi putih

Wijen hitam dan putih secukupnya

1 buah tahu aborage (dapat dibeli di supermarket)

1 batang jamur shitake

Kecap asin, gula, dan garam secukupnya sesuai selera

Irisan jahe, lobak putih, dan wortel secukupnya

Cara membuat:

Isi sushi

Potong mentimun menjadi kecil-kecil memanjang.

Rebus potongan-potongan jamur shitake dalam campura kecap asin dan gula.

Masak nasi putih dengan campuran cuka, gula, dan garam. Setelah matang, sebagian nasi ditaburi dengan wijen putih. Sebagian yang lain ditaburi wijen hitam.

Potong tahu arabage menjadi dua. Kemudian, rebus tahu dengan campuran gula, garam dan kecap asing.

Sushi:

Letakkan nasi di bawah separuh lembar nori. Kemudian letakkan potongan-potongan mentimun di atas nori. Kemudian, gulung menjadi satu. Lalu, dipotong-potong sesuai bentuk sushi.

Siapkan dua potongan tahu aborage yang telah direbus. Lubangi bagian dalamnya, lalu masukkan nasi putih yang diberi wijen hitam ke dalamnya.

Sebagai hiasan, bisa ditambahkan irisan jahe yang ditata bertumupuk atau irisan lobak putih dan wortel sebagai pemanis hidangan.

———–

Sup Tahu Jamur (Soup Tofu Kinoko)

Bahan-bahan :

10 gram jamur Enoki, Shimei dan Shitake (bisa dibeli di supermarket)

1 sendok teh kecap asin

1 sendok teh mirin (saus Jepang)

1 lembar daun mitsuba

2 cm rumput laut

108 cc air mineral

1 potong tahu

Cara membuat:

Kuah sup :

Rendam rumput laut semalam sebelumnya. Gunakan air rumput laut tersebut sebagai kuah.

Isi sup :

Bersihkan ketiga jenis jamur, lalu potong-potong sesuai selera.

Keringkan air dari tahu dengan menekan kedua sisi tahu dengan plastik malam sebelumnya, lalu potong-potong menjadi kotak-kotak kecil.

Potong-potong rumput laut yang telah direndam semalaman sesuai selera.

Campurkan potongan jamur, tahu, rumput laut, dan daun mitsuba ke dalam kuah sup. Lalu rebus di atas api kecil. Setelah mendidih, angkat kemudian hidangkan.



http://jawapos.com/index.php?act=cetak&id=4

Rabu, 14 April 2010 di 22.26

0 Comments to "Menu Vegetarian Masakan Jepang"

Poskan Komentar