Analisis SWOT

1. Analisis SWOT
SWOT yang berarti Kekuatan (Strengths), Kelemahan (Weaknesses), Peluang (Opportunities), dan Ancaman (Threats). Analisis SWOT adalah sebuah kerangka atau suatu metode yang sederhana guna menghasilkan berbagai alternative startegi-strategi suatu analisis situasi berlaku baik dari tingkat unit bisnis atau dalam tingkat perusahaan yang bersifat tunggal. Dalam pengertian analisis SWOT ini jelas bahwa analisis SWOT merupakan suatu perkembangan yang menghubungkan antara aspek internal seperti Kekuatan (Strengths), Kelemahan (Weaknesses), terhadap asper eksternal seperti Peluang (Opportunities), dan Ancaman (Threats)
Analisis SWOT memiliki fungsi sebagai filter untuk mengurangi informasi interpretative. Dan SWOT memiliki kekurangang yang kecenderungan menyederhanakan situasi dengan mengklasifikasikan faktor lingkungan perusahaan ke dalam kategori di mana mereka tidak selalu sesuai.
Berikut factor-faktor eksternal dan internal yang harus diperhatikan oleh perusahaan:
Faktor Eksternal
- Pesaing
- Pelanggan atau costumer
- Perkembangan teknologi
- Perkembangan Lingkungan
Faktor Internal
- Rahasia Perusahaan
- Market Share
- Struktur Organisasi yang di miliki Perusahaan
- Nama baik Perusahaan tersebut

2. Matrix Strategi
Berikut merupakan illustrasi dari strategi pada SWOT

Strategi Kekuatan-Kesempatan (S dan O)
Dalam strategi ini menggunakan kekuatan atas peluang yang ada digunakan untuk memenuhi segmen pada pasar.
Strategi Kelemahan-Kesempatan (W dan O)
Dalam strategi ini kesempatan yg terdentifikasi tidak dapat dimanfaatkan untuk kelemahan perusahanaan
Strategi Kekuatan-Ancaman (S atau T)
Dalam strategi ini, kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan di gunakan untuk mengetahui dan mengatasi suatu ancaman.
Strategi Kelemahan-Ancaman (W dan T)
Dalam strategi ini, untuk menghadapi ancaman dan sekaligus kelemahan intern, salah satu strategi yang biasa digunakan adalah dengan menjalin hubungan kerjasama dengan perusahaan yang lebih kuat agar kelemahan dan ancaman dapat teratasi.

3. Hasil Studi Kasus Yang Telah Ada
Berikut merupakan hasil penelitian mengenai analisis SWOT yang telah dlakukan dan diambil dari berbagai sumber:
a) PERUMUSAN STRATEGI KEMITRAAN MENGGUNAKAN METODE AHP DAN SWOT
(Studi Kasus pada Kemitraan PT. INKA dengan Industri Kecil Menengah di Wilayah Karesidenan Madiun)
Oleh : Eko Nurmianto, Arman Hakim Nasution, Syafril Syafar
Perumusan strategi kemitraan PT. INKA dan Industri Kecil Menengah diteliti menggunakan AHP dan SWOT. Permasalahan adalah kriteria-kriteria yang dibutuhkan dalam menyusun dan merumuskan strategi kemitraan antara PT. INKA dan industri kecil binaan.
Hasil penelitian (1) Penilaian kinerja dari model kemitraan terdapat beberapa kriteria yang digunakan yaitu: efektivitas, profesionalitas, pembinaan, pengawasan, modal, potensi pengembangan, dan prosedur birokrasi. (2) Bobot kriteria: efektivitas 0.354, profesionalitas 0.24, prosedur birokrasi 0.159, pembinaan 0.104, pengawasan 0.068, potensi pengembangan 0.045, dan modal 0.031. Model 2 (usulan) adalah model kemitraan yang memfokuskan pengembangan kemitraan antara PT. INKA dan IKM dengan pengelolaan yang lebih profesional dengan adanya Badan Pengelola Dana BUMN yang bersifat mandiri.

b) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN KENDARAAN MOTOR PADA CV TURANGGA MAS MOTOR
Oleh : Fandi Ahmad Munadi
Dalam penelitian ini, Fandi Ahmad Munadi menyimpulkan bahwa tingkat pertumbuhan pasar CV Turangga Mas Motor sebesar 21% dan pangsa pasarnya sebesar 1.60, sehingga berada dalam kuadran stars, strategi pemasaran yang dapat digunakan adalah dengan
melakukan investasi dengan membuka cabang CV Turangga Mas Motor di lokasi lain
dan melaksanakan upaya meminimalkan biaya dan operasi yang tidak efisien agar tetap mempunyai cash flow yang kuat.
Dari analisis SWOT diketahui strategi SO yang dapat digunakan adalah membuka lokasi baru, dan memberikan potongan penjualan yang lebih besar jika konsumen melakukan pembelian ulang. Strategi WO yang dapat digunakan adalah dengan memberikan bonus secara intensif kepada pegawai untuk menambah motivasi pegawai dan menambah tenaga pemasaran. Strategi ST yang dapat digunakan adalah dengan terus meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan dan dengan membangun gudang tempat penyimpanan motor-motor
suzuki yang siap dijual. Strategi WT yang dapat digunakan adalah dengan terus meningkatkan kegiatan-kegiatan promosi dan dengan meminimalkan biaya dan operasi yang tidak efisien, agar dapat menghemat pengeluaran biayanya.

c) Strategi Pengembangan Kredit Agribisnis di Bank BRI Pati
Penelitian ini dilakukan di Bank BRI Pati, yang bertujuan untuk mengetahui apakah Bank BRI Pati dalam membuat perencanaan bisnisnya dibidang kredit agribisnis menggunakan sistem perencanaan konvensional ataumenggunakan sistem perencanaan strategis,dan bagaimana menyusun perencanaan tersebut.
Metode penelitian menggunakan metode diskriptif analisis mengumpulkan dan menganalisis data primer dan sekundair dengan model analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunity, Threaths). Hasil penelitian faktor eksternal dan internal dari Bank BRI Pati setelah dilakukan analisis , pembobotan dan scoring diketahui bahwa Bank BRI Pati memiliki lebih besar faktor kekuatan dari pada faktor kelemahannya dan mempunyai sedikit lebih besar faktor peluang dari pada faktor ancamannya, sehingga menempatkan positioning Bank BRI Pati pada kuadran I bagan SWOT
untuk kategori yang cocok untuk pertumbuhan bisnis perkreditannya.

d) Analisis SWOT pada Hotel Danau Toba lnternasional Medan
Oleh : Chandra E Ginting (2005)
Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah "bagaimana peranan analisis AWOT dalam meningkatkan volume penjualan?". Dengan Hipotesis : " Melalui pengidentifikasian, penganalisisan dan penerapan serta pengendalaian SWOT secara cermat akan berdampak pada peningkatan volume penjualan kamar sebagaimana yang diharapkan oJeh perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif yaitu metode analisis dengan menggunakan pengumpulan data secara sistematis, menganalisis serta menginterpretasikan data tersebut sehingga memperoleh gambaran perusahaan secara umum. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Analisis SWOT yang dilakukan oleh Hotel Danau Toba lntemasional Medan kurang lengkap, dimana anal isis SWOT tersebut tidak menyajikan altematif strategi, hanya menyajikan identifikasi peluang dan ancaman serta idenfikasi kekuatn dan kelemahan hotel tersebut. Saran penulis supaya Hotel Danau Toba lntemasional Medan tetap exist dan survive dalam menghadapi persaingan yang semakin kornpetitif harus menerapkan strategi yang tepat seperti menciptakan pelayanan yang berbeda, menyelenggarakan pelatihan bahasa Inggris dan skill dalam bidang masing-rnasing.

e) ANALISIS UNTUK PERENCANAAN STRATEGI SISTEM DAN TEKNOLOGI
INFORMASI PADA PT. RITRANS CARGO
Oleh : Tri Pudjadi, Kristianto, Andre Tommy

Hasil analisa Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (Peluang), dan Threat (Ancaman) dari PT. Ritrans Cargo sebagai berikut
Kekuatan:
• Sistem berbasis komputer.
• Pelayanan yang menjamin ketepatan waktu, keamanan barang dan memuaskan pelanggan
• Prosedur kerja yang baik antara divisi dan departemen dalam perusahaan.
• Tarif yang terjangkau
Kelemahan:
• karyawan perusahaan kurang memahami terhadap sistem informasi yang ada
• kebutuhan akan jasa penerbangan dan pelayaran kurang memadai.
• Belum adanya divisi/bagian IT dalam perusahaan .
• Kegiatan promosi layanan perusahaan kurang.
Peluang:
• Memiliki hubungan kerjasama yang baik dengan perusahaan yang sejenis di berbagai daerah.
• Kebutuhan perusahaan akan jasa pengiriman barang akan terus berlangsung.
• Keinginan masyarakat mendapatkan pelayanan pengiriman barang yang memuaskan
dan murah.
• Perkembangan teknologi informasi
Ancaman:
• Perusahaan pesaing yang terus meningkatkan strategi pemasarannya.
• Kebijakan pemerintah yang berubah-ubah
• Permainan harga dari pesaing.
• Tuntutan pelanggan terhadap layanan prima

Senin, 21 Juni 2010 di 11.51

0 Comments to "Analisis SWOT"

Poskan Komentar